AUFKLARUNG FOR ALL
Silahkan ketik berita yang anda inginkan di kolom ini.

Selamat Datang di Aufklarung For All "Pencerahan Untuk Semua".

Informasi yang ada dalam blog ini semata-mata sebagai bentuk penyampaian uneg-uneg dan aspirasi. Semoga bisa menambah pengetahuan kita dan memberikan inspirasi kepada siapa pun yang membaca blog ini. Tulisan tidak akan lekang oleh waktu, satu goresan pena akan mampu merubah dunia bila kita menyadarinya. Semoga bermanfaat!

Jumat, 09 Oktober 2009

Batik Milik Indonesia



Karangturi Sambut Pengukuhan Batik Sebagai Warisan Budaya Dunia Bukan Benda Oleh UNESCO - Hari Jumat’ 2 Oktober 2009 adalah hari yang membanggakan bagi bangsa Indonesia sebab pada hari tersebut salah satu kekayaan yang selama ini diklaim menjadi milik salah satu negara tetangga benar-benar dikukuhkan menjadi Warisan Budaya Dunia Bukan Benda Oleh UNESCO. Pengumuman pengukuhan batik Indonesia dalam daftar representatif budaya tak benda warisan manusia atau Representative List of Intangible Cultural Heritage tersebut dilaksanakan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Penetapan tersebut menjadikan batik menjadi warisan budaya Indonesia ketiga yang
diakui dunia. Sebelumnya adalah wayang (2003) dan keris (2005) yang ditetapkan UNESCO sebagai karya agung budaya lisan dan tak benda warisan manusia. Selanjutnya yang menunggu giliran adalah best practices diklat budaya batik Indonesia yang diharapkan bisa ditetapkan sebagai best practises untuk perlindungan warisan budaya tak benda. Selain itu, Indonesia juga sedang memperjuangkan angklung.


Menurut Menbudpar pengakuan batik Indonesia secara internasional tidak ada maknanya jika masyarakat Indonesia sendiri tidak mengapresiasi batik. Dengan adanya pengukuhan dunia pada batik Indonesia tidak perlu lagi ada keraguan dari masyarakat soal kepemilikan batik. "Kita mengajukan batik ke UNESCO juga dalam rangka proses kepemilikan. Ini kewajiban moral untuk menyelamatkan warisan bangsa. Kita tidak melarang bangsa lain memakai produk budaya Indonesia, tetapi jika ada pengklaiman atau pengakuan sebagai hak milik oleh suatu bangsa lain, tentu kita tidak bisa tinggal diam," kata M. Nuh.

Untuk membuktikan kesungguhan dan kebanggaan sebagai bagian bangsa Indonesia pada hari Jumat 2 Oktober yayasan Nasional Karangturi dari tingkat Playgroup, SD, SMP, IGCSE maupun SMA serempak menggunakan Batik. Hal ini dilaksanakan selain untuk mengenalkan batik kepada para siswa juga untuk menanamkan perasaan mencintai kebudayaan sendiri.

Keunikan bahkan kehebohan terjadi ketika di pagi hari siswa-siswi mulai masuk sekolah. Suasana baru, senang dan bangga terpancar dari wajah-wajah mereka. Salah satu keunikannya adalah para siswa menggunakan batik dengan bermacam-macam motif dan model, sebab dari sekolah tidak menetapkan seragam untuk batik. Apa yang terjadi adalah hal baru bagi Karangturi, khususnya siswa-siswi sebab selama ini yang mereka pakai adalah seragam OSIS. Hal ini tentu saja berbeda suasananya dengan sekolah lain yang memang sejak dulu sudah menggunakan seragam batik sebagai salah satu seragam sekolah mereka. Sementara kehebohan lain juga terjadi, dimana ada sekelompok siswa SMA yang menggunakan baju batik secara seragam dan ini cukup mengundang penasaran dari siswa lainnya. Dengan bangga mereka berjalan memamerkan baju batik seragam yang mereka kenakan.

Selain menggunakan seragam batik, hari itu juga dipamerkan foto model yang menggunakan kain batik (siswa-siswi SMP karangturi), berbagai macam gambar motif kain batik oleh guru-guru SMP di Mading sekolah yang merupakan hasil karya cipta siswa-siswi SMP Karangturi.

Banyak siswa yang mengaku bangga mengenakan pakaian batik, mereka mengatakan bisa lebih berekspresi bila dibandingkan keseharian mereka yang hanya mengenakan seragam OSIS, bahkan mereka berharap setiap hari Jumat mereka tetap mengenakan batik sebagai bukti kecintaan mereka terhadap bangsa Indonesia bukan hanya ikut-ikutan atau sekedar hangat-hangat tahi ayam.

Namun disisi lain, ada juga kesan beberapa anak yang tidak menggunakan kain batik, alasan mereka karena pengumuman dari sekolah sangat mendadak sehingga merekan tidak sempat untuk membeli pakaian batik.Setelah diberikan penjelasan dari guru di kelas mereka berjanji bahwa minggu depan mereka akan mengenakan baju batik sesuai dengan intruksi dari sekolah. Semoga hari Jumat tanggal 2 Oktober ini benar-benar menjadi hari bagi seluruh warga negara Indonesia khususnya keluarga besar Karangturi menjadi sebuah momentum untuk lebih mencintai Indonesia tercinta ini. (Wie09)

0 comments:

Beasiswa Pascasarjana

http://www.beasiswapascasarjana.com/2012/03/beasiswa-s2-guru-kepsek-dan-pengawas.html

Kemdikbud

Informasi tentang pendidikan, seputar Beasiswa dan perkembangan pendidikan di Indonesia

Detik.com

Apa Anda Termasuk orang yang cerdas?

Bila anda merasa sebagai bagian orang-orang yang cerdas, apa yang akan anda lakukan dengan kecerdasan anda tersebut?
Apakah akan anda gunakan kecerdasan anda tersebut untuk kebaikan umat manusia, atau hanya untuk anda sendiri atau malah untuk mencelakai manusia lainnya?
Silahkan kirimkan koment anda! Pro ataupun kontra, akan kami tampung sebagaimana kami menghargai kecerdasan sebagai sebuah misteri yang akan selalu ada di dunia ini.

Post Populer

About This Blog

Blog ini dibuat dengan kesengajaan, memang di rekayasa sedemikian rupa dengan tujuan membuat para pembaca tertarik, ikut memberikan sumbangan pemikiran demi kemajuan bersama.
Segala macam isi yang ada dalam tiap halaman blog ini diluar tanggungjawab admin.
Author menerima kritik dan masukan demi perbaikan blog ini.
Selamat berselancar

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP