AUFKLARUNG FOR ALL
Silahkan ketik berita yang anda inginkan di kolom ini.

Selamat Datang di Aufklarung For All "Pencerahan Untuk Semua".

Informasi yang ada dalam blog ini semata-mata sebagai bentuk penyampaian uneg-uneg dan aspirasi. Semoga bisa menambah pengetahuan kita dan memberikan inspirasi kepada siapa pun yang membaca blog ini. Tulisan tidak akan lekang oleh waktu, satu goresan pena akan mampu merubah dunia bila kita menyadarinya. Semoga bermanfaat!

Sabtu, 08 Oktober 2011

SEBELAS HARI DI SINGAPURA, OSIP 2011 SMA KARANGTURI – SRJC SINGAPORE







Sedikit ingin berbagi pengalaman dengan semua pembaca blog ini, semoga berkenan. Syukur yang tiada terkira kiranya hanya untuk Allah SWT yang telah memberikan kesempatan kepada hambanya ini untuk menikmati amanah yang tiada terkira ini. Pada tanggal 18 – 28 Pebruari 2011 penulis (Wiyanto, S.Pd) dan seorang rekan (Bu Sri Sulistiani) mendapatkan kepercayaan dari Sekolah kami (SMA Karangturi) untuk mendampingi siswa-siswi kami  dalam acara OVERSEAS STUDENTS  IMMERSION PROGRAMS 2011 KARANGTURI HIGH SCHOOL – SERANGOON JUNIOR COLLEGE. 
Banyak sekali pengalaman yang kami dapatkan di sana, berikut catatan harian kami di Singapura:
Secara umum pelaksanaan kegiatan OSIP 2011 berjalan dengan lancar. Di mulai dari persiapan pemberangkatan hingga akhir pelaksanaan. Kegiatan OSIP-2011 di bagi dalam tiga macam kegiatan yaitu:
1.       Tour Campus
2.       School Activity
3.       Wisata
Peserta pada pelaksanaan OSIP 2011 ini adalah sebanyak 17 siswa dari kelas X  dan 2 orang guru pendamping. Adapun data peserta pada OSIP 2011 sebagai berikut:
No
Nama Siswa
Kelas
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
17.
Avinda Asprilia Dewi
Devina Dea Emanuela
Immanuel Handoko
Lie, Adela Yoan Lydia
Marcella Wongsodiharjo
Vanessa Faradina Sukanta
Yosephine Sanjaya
The, Arief Sugiarto Sentosa
Alfredo Nicholas Effendy
Phillip Ray Prananta
Evan Tantono
Ivan Tadeo Lestyana
Lorraine Sophia Salim
Kwee Alice Joseph
Mauris  Stefaniea Gondowijoyo
Sonia Pramono
Wenny
XA
XA
XA
XA
XA
XA
XA
XD
XD
XE
XF
XF
XF
XG
XG
XG
XG

No
Nama Guru Pendamping
1.
2.
Sri Sulistiani, S.Pd
Wiyanto, S.Pd

Berikut ini rangkaian pelaksanaan kegiatan yang kami jalani selama di SRJC Singapore:
1). Kunjungan Ke Universitas
Kegiatan OSIP 2011 dilaksanakan  pada tanggal 18 – 28 Pebruari 2011. Dimana pada tanggal 18 semua peserta diberangkatkan langsung dari sekolah menuju Singapura via bandara Ahmad Yani Semarang – Bandara Internasional Changi Singapura.
Pada hari pertama ini, setibanya di Singapura, peserta langsung menuju garden house di Serangon Garden No. 20A yang sudah dipesan oleh sekolah. Setelah perkenalan dengan tuan rumah, peserta di bimbing oleh pemandu OSIP 2011 (Ibu Rianny dan Ibu Ninik) untuk mengenal lingkungan sekitar, khususnya pengenalan pemakaian sarana transportasi dan lingkungan sekolah yang akan di tuju yaitu Serangoon Junior College. Setelah semua peserta jelas dan paham akan penjelasan dari Team Pemandu, semua peserta kembali ke garden house untuk beristirahat.
Pada tanggal 19 Pebruari 2011, kegiatan pertama adalah kunjungan universitas yaitu ke MDIS, dilanjutkan kunjungan ke NTU dan ke NUS. Pada kunjungan pertama yaitu di MDIS, peserta di terima dengan antusias oleh salah satu tenaga marketing yang sangat ramah dan apresiatif sekali atas kedatangan rombongan siswa dari SMA Karangturi. Para peserta mendapat penjelasan yang gamblang tentang MDIS, dimulai dari fasilitas gedung, library, fasilitas komputer dan lain sebagainya.
Setelah cukup puas melihat kampus MDIS, peserta kemudian melanjutkan ke Nanyang Technologi University (NTU). Di NTU ini rombongan sudah ditunggu oleh salah satu alumni dari SMA Karangturi (Stiven Pramono) yang sekarang menempuh pendidikan di NTU.  Dengan sabar dan penuh antusias alumni tersebut memberikan penjelasan tentang NTU, cara masuk disana, cara mendapatkan beasiswa dan informasi lainnya yang penting bagi para calon mahasiswa di sana.
Setelah puas mendapatkan penjelasan di NTU, rombongan melanjutkan perjalanan ke NUS. Sama seperti di universitas yang dikunjungi sebelumnya, di NUS ini rombongan juga di bawa keliling oleh pemandu (perkumpulan mahasiswa NUS dari Indonesia) untuk melihat kondisi lingkungan dan fasilitas yang ada di NUS.
Setelah setengah hari melakukan perjalanan dari kampus ke kampus selesai, rombongan akhirnya melanjutkan perjalanan ke Science Centre yaitu pusat hiburan yang memberikan wacana keilmuan yang menarik, cerdas dan aktual. Di Lokasi ini para siswa sangat menikmati berbagai macam anjungan ilmu dan teknologi yang bisa langsung di pahami dan dipraktekkan.
Setelah puas bermain-main dan berkeliling di Science Center, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Sentosa Island untuk menikmati makan malam. Setelah selesai makan malam siswa kembali ke Home stay untuk istirahat dan mempersiapkan diri melaksanakan tugas di SRJC.
Kunjungan universitas yang kedua dilaksanakan pada tanggal 26 Pebruari 2011, dengan tujuan kunjungan adalah Curtin University dan Rafles University. Sama seperti kunjungan pertama di MDIS, NUS, dan NTU, di kedua universitas ini para siswa dari SMA Karangturi diterima dengan antusias dan di pandu dari awal hingga akhir oleh manager pemasaran masing-masing universitas. Para siswa, sangat antusias dan begitu serius mengikuti kegiatan, utamanya di Rafles University. Waktu dua jam yang diberikan oleh masing-masing universitas untuk keliling kampus dan mencari informasi rasanya begitu cepat berakhir dan akhirnya kunjungan ke universitas selesai, peserta kembali ke Gaarden House untuk istirahat.

2). Kegiatan di SRJC
Kegiatan pertama hari Senin, 21 Pebruari 2011 di Serangoon Junior College diawali dengan perkenalan dari rombongan siswa-siswi SMA Karangturi yang di pandu oleh Dra. Ninik Sumiasih dan Dra. Rianny di hadapan Mr. Desmond (Vice Principle SRJC). Perkenalan diterima dengan baik dan antusias oleh Mr. Desmond selaku wakil dari SRJC dilanjutkan dengan perkenalan SRJC oleh Mr. Desmond.
Dalam perkenalan dari pihak sekolah SRJC, dipaparkan tentang program kurikulum yang dipakai di SRJC, aktivitas umum di sekolah, kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh SRJC di luar sekolah dan prestasi-prestasi yang di dapatkan oleh SRJC dari berbagai macam perlombaan baik nasional maupun internasional.
Selanjutnya, selaku wakil dari SRJC sebagai tuan rumah Mr. Desmond kemudian memberikan penjelasan tentang tata tertib, tugas dan kegiatan-kegiatan yang akan diikuti oleh siswa OSIP 2011 dari SMA Karangturi. Setelah paham dengan apa yang harus dilakukan selama di SRJC, siswa-siswi SMA Karangturi dipertemukan dengan siswa-siswi SRJC yang menjadi Buddy (teman) mereka saat di SRJC dan juga mempertemukan Guru SMA Karangturi dengan Buddy (Guru).
Setelah acara ceremonial penerimaan peserta OSIP 2011 di SRJC selesai, siswa-siswi SMA Karangturi langsung mengikuti kegiatan sekolah yang diikuti oleh Buddy mereka dimulai dari pelajaran biasa dikelas sampai mengikuti kegiatan CCA (Co-Curiculer Activity) di sore hari, begitu juga dengan Guru Pendamping yang juga mengikuti kegiatan guru Buddy di kelas.
Hari ke-dua, Selasa 22 Pebruari siswa-siswi peserta OSIP 2011 SMA Karangturi berangkat dari garden house pukul 06.00 pagi dan sesampainya di SRJC mereka langsung mencari Buddy mereka untuk mengikuti kegiatan Morning Assembly (kegiatan upacara apel pagi di Sekolah yang di adakan setiap pagi untuk mengikuti pengibaran bendera Singapura serta Sumpah Janji Setia kepada negara mereka Singapura). Kegiatan Morning Assembly ini berjalan sangat tertib dan lancar. Tidak ada satu suara terdengar dari peserta morning Assembly, seluruh perhatian tertuju kepada Bendera dan lagu yang diperdengarkan dari sumber suara.
Setelah kegiatan Morning Assembly selesai, semua siswa SRJC mengikuti kegiatan perwalian yang dilaksanakan saat itu juga di lapangan. Informasi-informasi yang penting dari Sekolah di sampaikan oleh wali kelas kepada siswa dengan gaya kekeluargaan  yang menyenangkan.
Setelah bel sekolah berbunyng dari Sekolah di sampaikan oleh wali kelas kepada siswa dengan gaya kekeluargaan  yang menyenangkan.
Setelah bel sekolah berbunyi tanda masuk ke kelas semua siswa membubarkan diri dan segera menuju ke ruang kelas mereka masing-masing sesuai dengan pelajaran mereka saat itu (SRJC melakukan Running Class). Tidak ketinggalan siswa-siswi dari SMA Karangturi peserta OSIP 2011 pun juga segera menyesuaikan diri untuk mengikuti kegiiatan pembelajaran di dalam kelas sama seperti yang diikuti oleh buddy mereka yang telah ditunjuk dari sekolah.
Pukul 15.30 sebagian kegiatan sekolah telah usai, peserta OSIP 2011 SMA Karangturi ada yang mengikuti kegiatan CCA dan dan ada juga yang langsung pulang menuju garden House untuk istiirahat. Dua orang guru yang bertugas sebagai pendamping membagi tugas dimana satu guru mengawal siswa yang pulang ke Garden House dan satu guru lainnya menunggui kegiatan siswa hingga kegiatan CCA selesai.
Hari ketiga, Rabu 23 Pebruari 2011 kegiatan peserta OSIP 2011 hampir sama dengan kegiatan sekolah yang diikuti pada satu hari sebelumnya (22 Pebruari 2011) yakni kegiatan morning Assembly, pembelajaran di kelas dan kegiatan CCA.
Hari keempat, Kamis 24 Pebruari 2011, kegiatan peserta OSIP 2011 sama dengan kegiatan pada dua hari berturut-turut sebelumnya yaitu kegiatan pagi mengikuti Morning Assembly, siang hari mengikuti pembelajaran di dalam kelas dan sore hari mereka mengikuti kegiatan CCA sesuai dengan kegiatan CCA buddy mereka di SRJC.
Hari kelima, Jum’at 25 Pebruari 2011 adalah hari yang berbeda dari hari-hari sebelumnya, karena pada hari Jum’at kegiatan sekolah dimulai pukul 08.30 pagi. Aktifitas yang dilakukan oleh warga sekolah sebelumnya adalah olah raga pagi bersama di Lapangan dan Hall sekolah. Setelah kegiatan olah raga selesai, kegiatan selanjutnya adalah Morning Assembly, sumpah setia dan perwalian kelas. Dilanjutkan dengan kegiatan pembelajaran seperti hari-hari biasa.
Pada hari kelima ini kegiatan OSIP 2011 di SRJC berakhir. Pada pukul 14.00 wakil kepala sekolah Mr. Desmond mengundang semua peserta OSIP 2011 di hall perpustakaan SRJC. Dalam kesempatan tersebut Waka SRJC melakukan tanya jawab kepada siswa-siswi OSIP Karangturi tentang pengalaman yang di dapat dan keluhan-keluhan dari siswa siswi OSIP. Para siswa OSIP dari SMA Karangturi dengan suka cita menceritakan semua pengalaman dan kendala yang mereka hadapi selama lima hari di SRJC. Setelah acara perpisahan selesai, peserta melakukan photo bersama dengan pimpinan sekolah sebagai kenang-kenangan yang akan di bawa kembali ke Sekolah.


 Setelah kami melaksanakan tugas ada kiranya beberapa Evaluasi dan Masukan yang mungkin bisa dilakukan oleh sekolah untuk pelaksanaan OSIP Selanjutnya yang harapan kami bisa membawa perubahan bagi sekolah SMA Karangturi tercinta.
Kelebihan-kelebihan dari SRJC:
1). SRJC adalah salah satu sekolah negeri di Singapura, sehingga segala aktivitas kegiatan di sekolah senantiasa sesuai dengan kurikulum negara. Kegiatan yang paling menonjol di SRJC adalah kegiatan pada pagi hari sebelum aktifitas PBM berlangsung yaitu Morning Assembly, yaitu kegiatan yang diawali dengan pengibaran bendera Kebangsaan Singapura yang dilanjutkan dengan janji setia kepada negara Singapura oleh semua warga sekolah. Selanjutnya diadakan perwalian guru kelas kepada siswa-siswinya. Dalam kegiatan ini,  setiap harinya siswa mendapat informasi yang penting dari sekolah secara langsung oleh guru wali kelas. Tujuan Morning Asembly ini adalah untuk meningkatkan nasionalisme warga sekolah kepada negara mereka. Tidak ada satu suara pun yang terdengar manakala bendera Singapura dikibarkan dan seluruh warga sekolah antusias untuk melakukan janji setia kepada negara.
2). Pembelajaran di mulai secara serempak setelah kegiatan Morning Assembly, sehingga tidak ada peserta didik atau guru yang datang terlambat dalam mengikuti proses pembelajaran di dalam kelas.
3).  SRJC menerapkan konsep kemandirian dalam berbagai macam aktifitas, dimulai dari pembelajaran dikelas, konseling, dan semua aktifitas di luar pelajaran.
4).  Pembedaan gedung dan ruang belajar antara siswa tingkat 1 (JC1) dan tingkat 2 (JC2).
5).  Pembelajaran di kelas berlangsung 60 menit, dimana 10 menit pertama digunakan untuk refleksi, 40 menit pembahasan materi dan 10 menit terakhir untuk mengevaluasi dan pemberian nilai-nilai dari pelajaran yang di sampaikan. (Bel akhir pelajaran berbunyi 10 menit sebelum usai pelajaran, sehingga guru bisa menyimpulkan pelajaran dan memberikan tugas kepada siswa tanpa di buru-buru waktu).
6).  Guru masuk kantor sebelum siswa hadir dan pulang ke rumah setelah jam sekolah berakhir.
7).  Ruang kerja guru sangat private, siswa-siswi SRJC yang ingin menemui guru atau menyerahkan tugas kepada guru disediakan ruang khusus yang terpisah dari ruang guru, sehingga tidak ada satu siswa pun yang berseliweran di ruang guru.
8).  Ruang kerja dan meja kerja guru cukup besar tersekat-sekat berdasarkan rumpun mata pelajaran sehingga dapat digunakan untuk sharing antar sesama guru mata pelajaran setiap saat.
9).  SRJC memiliki ruang khusus bagi guru yang disebut Rest Room yaitu ruangan yang didesain sedemikian rupa seperti sebuah bar yang diharapkan guru yang tidak memiliki kesibukan dapat bersantai ria sambil membaca koran atau melihat TV atau seandainya memiliki tamu khusus dapat ditemui di ruang tersebut.
10). SRJC memiliki guru-guru tentor yang setiap saat siap apabila dibutuhkan oleh para siswa dalam kaitannya dalam pelajaran yang mereka anggap tidak bisa. Tentor ini terdiri dari guru yang tidak mengajar pada kelas yang sama akan tetapi pada mata pelajaran yang sama.
11). SRJC memiliki sarana olahraga yang sangat lengkap, dimulai dari lapangan bola sintetis, lintasan atletik, lapangan basket, hall, arena CCA (Co-Curiculler), sarana Gym dan Fitnes.
12). SRJC memiliki ruang Laboratorium Science maupun Sosial yang lengkap yang bersih dan rapi.
13). SRJC memiliki budaya Salam, Sapa dan Ramah kepada siapa pun yang mereka temui.
14). Kelas tidak menggunakan AC hanya kipas angin yang dipasang di atap.
15). Media pembelajaran yang lengkap (LCD, Book LCD, White Board, Write Komputer)
16). Dalam pembelajaran yang ditekankan bukan jumlah materi yang dibahas akan tetapi lebih kepada pemahaman siswa. Satu materi bisa di bahas berulang-ulang sampai siswa benar-benar paham dengan apa yang diajarkan.

Evaluasi:
1). Waktu pelaksanaan terlalu singkat sehingga tujuan utama bisa berbahasa Inggris secara aktif belum dapat terpenuhi.
2). Peserta seharusnya dapat dipilih dari anak-anak yang memiliki peringkat di kelas.

Semoga sharing kami ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya... amin..


0 comments:

Beasiswa Pascasarjana

http://www.beasiswapascasarjana.com/2012/03/beasiswa-s2-guru-kepsek-dan-pengawas.html

Kemdikbud

Informasi tentang pendidikan, seputar Beasiswa dan perkembangan pendidikan di Indonesia

Detik.com

Apa Anda Termasuk orang yang cerdas?

Bila anda merasa sebagai bagian orang-orang yang cerdas, apa yang akan anda lakukan dengan kecerdasan anda tersebut?
Apakah akan anda gunakan kecerdasan anda tersebut untuk kebaikan umat manusia, atau hanya untuk anda sendiri atau malah untuk mencelakai manusia lainnya?
Silahkan kirimkan koment anda! Pro ataupun kontra, akan kami tampung sebagaimana kami menghargai kecerdasan sebagai sebuah misteri yang akan selalu ada di dunia ini.

Post Populer

About This Blog

Blog ini dibuat dengan kesengajaan, memang di rekayasa sedemikian rupa dengan tujuan membuat para pembaca tertarik, ikut memberikan sumbangan pemikiran demi kemajuan bersama.
Segala macam isi yang ada dalam tiap halaman blog ini diluar tanggungjawab admin.
Author menerima kritik dan masukan demi perbaikan blog ini.
Selamat berselancar

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP