AUFKLARUNG FOR ALL
Silahkan ketik berita yang anda inginkan di kolom ini.

Selamat Datang di Aufklarung For All "Pencerahan Untuk Semua".

Informasi yang ada dalam blog ini semata-mata sebagai bentuk penyampaian uneg-uneg dan aspirasi. Semoga bisa menambah pengetahuan kita dan memberikan inspirasi kepada siapa pun yang membaca blog ini. Tulisan tidak akan lekang oleh waktu, satu goresan pena akan mampu merubah dunia bila kita menyadarinya. Semoga bermanfaat!

Kamis, 05 Desember 2013

Perspektif Sejarah



Sejarah berasal dari kata sajarotun yang berarti pohon/silsilah. Awal mula pengetahuan sejarah di Indonesia adanya silsilah, yang terdapat aspek tahun yang melekat. Konsep silsilah itulah yang melahirkan konsep genealogis. Gen berarti....
asal usul, yang berlaku untuk family kemudian berkembang kea rah yang lebih luas.Pada level individu, komunitas dan kebudayaan. Individu ada family dan genetika (aspek-aspek gen/keturunan). Bisa digunakan untuk menganalisa asal-usul  komunitas, bangsa dan ras.  
Sejarah berbicara tentang kronologis. Jika genealogis dicari dari titik sekarang menuju masa lampau. Sementara kronologis berbicara dari jaman dulu sampai sekarang. Kronologi berkaitan dengan periodisasi yang kemudian dikebal dengan istilah Pembabagan Sejarah. Konsep pembabagan sejarah dibangun untuk memudahkan manusia memahami masa lalunya.

Bagaimana Sejarah  itu Menjadi Tulisan?
Kejadian apa saja, baik individual atau yang bersifat komunal yang bisa saja kejadian itu akan hilang begitu saja tetapi meninggalkan jejak. Jejak tersebut menjadi sumber sejarah yang akan diungkap oleh sejarawan dan jadilah tulisan sejarah.  Dari kacamata ilmiah, tulisan sejarah identik dengan subyektifitas karena dipengaruhi oleh subyek (peneliti). Sejarawan yang berbeda waktu, akan memiliki pandangan yang berbeda. Yang mempengaruhi perbedaan itu adalah Jiwa Zaman.
Contoh: pendirian kerajaan Mataram oleh Panembahan Senopati, oleh sejarawan pada saat itu yakin bahwa kerajaan di dirikan oleh Panembahan senopati atas bantuan Nyai Loro Kidul (bangsa halus), yang ini oleh sejarawan pada masa sekarang dianggap tidak masuk akal. 

Pertanyaannya sekarang adalah apakah semua peristiwa masa lalu dapat menjadi sejarah? jawabannya Tidak. semua perisitiw masa lalu menjadi sejarah itu semua tergantung pada kepentingan seorang penulis. 
Lantas masa lalu itu apa? Masa lalu adalah sesuatu yang telah hilang di telan zaman, oleh karena itu agar menjadi sejarah maka perlu direkonstruksi. Proses itu memerlukan metode sejarah. Produknya berupa fakta sejarah dan narasi sejarah.  Sejarah bersifat parsial, karena semua peristiwa pada masa lalu tidak mungkin dapat diungkap sama persis dengan kejadian yang pernah terjadi.
Fakta sejarah adalah hasil dialogis antara temuan dengan pendapat sang peneliti.  Yang dalam ilmu kebudayaan disebut Verstehen (memahami/menyelami), atau historical mindness (seolah-olah seorang sejarawan yang meneliti hidup pada masa itu)

 
Konsep Sinkronis dan Diakronis
Sinkronis memiliki arti satu masa dalam waktu itu sementara Diakronis artinya menyilang waktu, dari waktu ke waktu. Yang diteliti oleh seorang sejarawan adalah konsep prosesual dan waktu. Sinkronis dan diakronis saling melengkapi.

0 comments:

Beasiswa Pascasarjana

http://www.beasiswapascasarjana.com/2012/03/beasiswa-s2-guru-kepsek-dan-pengawas.html

Kemdikbud

Informasi tentang pendidikan, seputar Beasiswa dan perkembangan pendidikan di Indonesia

Detik.com

Apa Anda Termasuk orang yang cerdas?

Bila anda merasa sebagai bagian orang-orang yang cerdas, apa yang akan anda lakukan dengan kecerdasan anda tersebut?
Apakah akan anda gunakan kecerdasan anda tersebut untuk kebaikan umat manusia, atau hanya untuk anda sendiri atau malah untuk mencelakai manusia lainnya?
Silahkan kirimkan koment anda! Pro ataupun kontra, akan kami tampung sebagaimana kami menghargai kecerdasan sebagai sebuah misteri yang akan selalu ada di dunia ini.

Post Populer

About This Blog

Blog ini dibuat dengan kesengajaan, memang di rekayasa sedemikian rupa dengan tujuan membuat para pembaca tertarik, ikut memberikan sumbangan pemikiran demi kemajuan bersama.
Segala macam isi yang ada dalam tiap halaman blog ini diluar tanggungjawab admin.
Author menerima kritik dan masukan demi perbaikan blog ini.
Selamat berselancar

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP