AUFKLARUNG FOR ALL
Silahkan ketik berita yang anda inginkan di kolom ini.

Selamat Datang di Aufklarung For All "Pencerahan Untuk Semua".

Informasi yang ada dalam blog ini semata-mata sebagai bentuk penyampaian uneg-uneg dan aspirasi. Semoga bisa menambah pengetahuan kita dan memberikan inspirasi kepada siapa pun yang membaca blog ini. Tulisan tidak akan lekang oleh waktu, satu goresan pena akan mampu merubah dunia bila kita menyadarinya. Semoga bermanfaat!

Jumat, 29 Februari 2008

Pengertian Sejarah


A. Pendahuluan 
Setiap manusia pasti memiliki masa lalu. Masa lalu yang pantas dikenang, baik yang menyenangkan maupun yang membuat manusia sedih dalam hidupnya. Setiap detik, menit, jam, hari, bulan, tahun dan seterusnya yang telah dilewati oleh manusia merupakan bagian dari masa lalu. Masa lalu sering disebut dengan istilah Sejarah.
Dilihat dari asal usul kata, sejarah berasal dari bahasa Arab, yaitu Syajaratun yang artinya pohon, keturunan, asal usul atau silsilah. Dalam bahasa Inggris (history), Bahasa Yunani (istoria), Bahasa Jerman (geschicht).
Sejarah, dalam bahasa Indonesia dapat berarti riwayat kejadian masa lampau yang
benar-benar terjadi atau riwayat asal usul keturunan (terutama untuk raja-raja yang memerintah).
Umumnya sejarah dikenal sebagai informasi mengenai kejadian yang sudah lampau. Sebagai cabang ilmu pengetahuan, mempelajari sejarah berarti mempelajari dan menerjemahkan informasi dari catatan-catatan yang dibuat oleh orang perorang, keluarga, dan komunitas. Pengetahuan akan sejarah melingkupi: pengetahuan akan kejadian-kejadian yang sudah lampau serta pengetahuan akan cara berpikir secara historis.
Dahulu, pembelajaran mengenai sejarah dikategorikan sebagai bagian dari Ilmu Budaya (Humaniora). Akan tetapi, di saat sekarang ini, Sejarah lebih sering dikategorikan sebagai Ilmu Sosial, terutama bila menyangkut perunutan sejarah secara kronologis.
Ilmu Sejarah mempelajari berbagai kejadian yang berhubungan dengan kemanusiaan di masa lalu. Sejarah dibagi ke dalam beberapa sub dan bagian khusus lainnya seperti kronologi, historiograf, genealogi, paleografi, dan kliometrik. Orang yang mengkhususkan diri mempelajari sejarah disebut sejarawan.
Ilmu Sejarah juga disebut sebagai Ilmu Tarikh atau Ilmu Babad.


B. Pengertian Sejarah menurut Para Ahli Sejarah 

1). Moh. Yamin
Sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa
peristiwa yang dibuktikan dengan kenyataan.
2). R. Moh Ali, pengertian sejarah ada 3 yaitu:
a). Sejarah adalah kejadian-kejadian, peristiwa-peristiwa seluruhnya yang berkaitan
dengan kehidupan manusia.
b). Sejarah adalah cerita yang tersusun secara sistematis (serba teratur dan rapi)
c). Sejarah adalah ilmu yang menyelidiki perkembangan peristiwa dan kejadian-kejadian pada masa lampau.
3). Patrick Gardiner
Sejarah adalah ilmu yang mempelajari apa yang telah diperbuat oleh manusia.
4). J.V Brice
Sejarah adalah catatan-catatan dari apa yang telah dipikirkan, dikatakan dan diperbuat
oleh manusia.

Pengertian sejarah berbeda dengan pengertian Ilmu sejarah. Sejarah adalah peristiwa yang terjadi pada masa lalu manusia sedangkan Ilmu sejarah adalah ilmu yang digunakan untuk mempelajari peristiwa penting masa lalu manusia.

B. Karakteristik ilmu Sejarah 
a). Unik, artinya peristiwa sejarah hanya terjadi sekali, dan tidak mungkin terulang peristiwa yang sama untuk kedua kalinya.
b). Penting, artinya peristiwa sejarah yang ditulis adalah peristiwa-peristiwa yang dianggap penting yang mempengaruhi perubahan dan perkembangan manusia
c). Abadi, artinya peristiwa sejarah tidak berubah-ubah dan akan selalu dikenang sepanjang masa

C. Sejarah Sebagai Peristiwa, Kisah, Ilmu dan Seni

1. Sejarah sebagai peristiwa.
Sejarah sebagai peristiwa adalah kejadian, kenyataan, aktualitas yang sebenarnya telah
terjadi atau berlangsung pada masa lalu. Disebut sejarah sebagai objek

2. Sejarah sebagai Kisah

Sejarah sebagai kisah adalah cerita berupa narasi yang disusun berdasarkan pendapat seseorang, memori, kesan atau tafsiran manusia terhadap suatu peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Disebut juga dengan istilah sejarah sebagai subyek yang artinya sejarah tersebut telah mendapatkan penafsiran dari penyusunan cerita sejarah. Dalam hal ini sejarawan mempunyai peran sebagai ”The Man Behind the Gun”, artinya mereka menyusun cerita sejarah berdasarkan jejak-jejak sejarah (sejarah sebagai peristiwa) namun tetap dipengaruhi oleh sudut pandang sejarawan itu sendiri.
 

3. Sejarah sebagai Ilmu
Sejarah sebagai ilmu adalah suatu susunan pengetahuan tentang peristiwa dan cerita yang terjadi di dalam masyarakat manusia pada masa lalu yang disusun secara sistematis dan menggunakan metode yang didasarkan atas asas-asas, prosedur dan metode serta teknik ilmiah yang diakui oleh para pakar sejarah.
Syarat pokok sejarah disebut sebagai ilmu adalah:
a). Obyek yang definitif
b). Adanya formulasi kebenaran yang dapat di pertanggung jawabkan kebenarannya
c). Metode yang efisien
d). Menggunakan sistem penyusunan tertentu
 

4. Sejarah sebagai Seni 
Sejarah sebagai seni merupakan cara bagaimana membuat pembaca sejarah tertarik atas informasi kejadian masa lalu yang disajikan karena unsur keindahan yang disertakan di dalam menyajikan informasi sejarah di masa lalu sehingga akan mencapai sasaran penyampaian informasi sejarah. Sejarah berperan sebagai seni sangat terkait sekali dengan cara penulisan sejarah itu sendiri.

D. Guna Sejarah

Keberadaan suatu ilmu yang ada di dunia ini tidak akan langgeng tanpa adanya kesadaran akan manfaatnya bagi manusia. Demikian pula dengan ilmu sejarah. Dalam kaitannya dengan kehidupan berbangsa dan bernegara, ilmu sejarah memiliki kegunaan sebagai berikut:
 

1. Guna Edukatif (memberi pendidikan)
Nilai sejarah terletak pada kenyataan, apa yang terjadi pada masa lalu memberikan pelajaran bagi manusia yang telah melewatinya. Guna edukatif berarti sejarah bisa memberikan kearifan dan kebijaksanaan bagi yang mempelajarinya karena semangat sebenarnya dari kepentingan mempelajari sejarah adalah nilai kemasakiniannya.
 

2. Guna Instruktif (memberi pengajaran)
Guna Instruktif artinya sejarah dapat memberikan pelajaran mengenai sesuatu baik keterampilan maupun pengetahuan.
 

3. Guna Inspiratif (memberi inspirasi)
Guna Inspiratif artinya kejadian dan peristiwa yang terjadi pada masa lalu dapat memberikan ilham, ide-ide atau inspirasi bagi manusia pada masa sekarang.
Contoh: kebesaran kerajaan-kerajaan pada masa lalu di Nusantara memberikan ilham kepada para pendiri bangsa untuk membangun kembali kebesaran masa lampau tersebut.
 

4. Guna Rekreatif (memberi kesenangan)
Sejarah merupakan suatu kreasi seni, sehingga dapat menghadirkan kesenangan batin.
Contoh: kita berkunjung ke Candi Borobudur, dengan berkunjung kesana kita bisa membayangkan pembangunan pada masa itu. Dimulai dari jumlah pekerjanya, arsiteknya, lama pembangunan dan tujuannya dan sebagainya sehingga dalam hati dan pikiran kita akan menembus dimensi waktu.

E. Periodisasi dan Kronologi Sejarah 

1). Periodisasi sejarah 
Sejarah memiliki dua dimensi yaitu dimensi spasial (ruang) dan dimensi temporal (waktu). Konsep waktu dalam sejarah meliputi waktu atau tempo (time) yaitu proses kelangsungan suatu peristiwa dan waktu merupakan kesatuan dari kelangsungan tiga dimensi yaitu masa lalu, sekarang dan masa yang akan datang.
Pengertian periodisasi sejarah berkaitan erat dengan pembagian masa lampau manusia berdasarkan urutan waktu (Periodisasi = Pembabagan waktu).
Pentingnya periodisasi dalam sejarah yaitu:
1. Memudahkan sistematika penulisan sejarah
2. Merupakan rangkuman dari suatu peristiwa menurut seorang sejarawan.
3. Memudahkan pembaca dalam memahami suatu peristiwa sejarah
4. Merupakan penghubung dari fakta-fakta sejarah
 

2). Kronologi sejarah
Adalah usaha yang dilakukan untuk mendapatkan pemahaman mengenai pengertian suatu peristiwa sejarah secara gamblang yang dapat mengkaitkan antara satu peristiwa dengan peristiwa yang lain secara logis. Kronologi sejarah sangat diperlukan karena dapat mengkaitkan satu peristiwa dengan peristiwa lainnya dalam bentuk kausalitas atau sebab akibat.

34 comments:

Anonim,  20 Juli 2008 15.44  

Terima kasih banyak bang,
yang telah mempostingkan blog ini...

setelah mencari - cari tidak ketemu di berbagai situs,
baru ketemu disini "Definisi Sejarah Menurut Para Ahli"

Anonim,  22 Juli 2008 15.39  

Thanks!!!! dengan adanya blog ini saya jadi tidak kesulitan mencari info untuk mengerjakan tugas-tugas di sekolah. Semuanya sangat membantu!

Anonim,  27 Juli 2008 09.15  

thx bgtz !,ika gx perlu susah2 ngubek2 buku yg ada di perpus lge !,cz smwx dah da dcni ! ?

Renna 2 Agustus 2008 18.42  

trims atas portingan anda...

sangat membantu tugas sejarah saya

:)

Hangga Nuarta 5 Agustus 2008 20.13  

Thanks y!! Saya terbantu ngerjakan PR.

Pendidikan dan Hiburan 1 Mei 2009 14.53  

sejarah emang membingungkan ....

free4yu 4 Mei 2009 17.24  

Wah thank's banget lho mas.Soalnya buat ujian sekolah. Sekali thank's ya

free4yu 4 Mei 2009 17.25  

thank's ya mas, soalnya penting banget buat ujian sekolah

free4yu 4 Mei 2009 17.25  

wah thank's banget soalnya pentingbanget buat ujian sekolah

hahied 22 Juli 2009 20.32  

pokoknya buat kk yang udah postingin blog ini ,saya ucapkan terimakasih banget deh ,moga2 buat pelajaran yang lain juga ada

Adie_001 2 Agustus 2009 20.00  

wa thanks banget ya ....
semoga ini bermanfaat buat aq ...

good luck ya

dian gi blajar 17 Agustus 2009 18.22  

bagus bgt,n makasih bgt buat pengetahuan ini.tapi kyakx komenq keterlaluan deh

saomii_fandii 24 Agustus 2009 10.33  

wahhh...thanks bangett
tapi
yang deskripsi mengenai sejarah sbagi ilmu sni ditambahin donkk kak...
tu trllu singkat..

saomii_fandii 24 Agustus 2009 10.37  

wahhh..thanks bangettt
tapi yang mengenai ilmu ejarah sbg sni, di tambahin donk deskripsi nya,,,
tu terlalu pendekk alias trlalu singkatt

Ibu Asihdewa 10 September 2009 02.26  

It's nice !
I hope......your dream come true . Amiiiin.

Asih 10 September 2009 02.29  

It's nice !
I hope......your dream come true . Amiiiin.

Redje 14 Oktober 2009 19.13  

Waaah ini Aufklarung for my bangets.., thanks' bgtz ntk blok nieh..!!!, cerah..cerah..secerah mentari.., HIRTORY yessss..

Anonim,  1 Maret 2010 20.02  

aq mw nyari definisi sejarah menurut para ahli dunia,disini kok msih kurang lengkap ya,bisa gak lebih dilengkapi dikit informasinya n lebih diperbarui.....

Mr. Wiyanto Dwijo Hardjono, S.Pd 5 Maret 2010 13.21  

Ok! insyaallah penulis akan melengkapinya.. tapi minta bantuannya juga donk, bagi siapa saja yang bisa menambahkan dipersilahkan. Naskah bisa dikirim keemail saya: awienarsis@yahoo.com
saya tunggu ya..

intan 20 Juli 2010 19.16  

makaaassssih banyaaak ya,,,, karna ini saya bissa mengerjakan pr ,, soalnya di buku kurang lengkap....
tp akan lebih baik lagi jika beserta contoh2nya dan lebih dibuat serinci mungkin... trima kasih

Anonim,  25 Juli 2010 13.20  

makasih ,,. tentang emua info.na
karna akhirnya aQ bisa ngerjakan tugas.qu ,.

rani noey 1 Agustus 2010 20.00  

mAkasIh yA,
AtZ nI SeMuA,,
gArA2 Ni sY TdK Di hUkUm gE Ma gUrU......
kRn pA Yg sY CrI SUdAh dA DsNi SmUa.....

Anonim,  8 Agustus 2010 20.21  

makacih bwat yg posting blog ini,,krna ni q isa ngerjain tgas sejarah..

Anonim,  20 September 2010 18.22  

ka, kalau tokoh tokoh yang bersangkutan dengan sejarah sebagai peristiwa, kisah, ilmu dan seni itu siapa aja ya? makasih ;)

Anonim,  18 Juli 2011 14.00  

makasih bantu banget... \(^.^)/

pengertian sejarah menurut para ahli tolong di perbanyak ya !..

Anonim,  18 Juli 2011 14.52  

tq iah bro PR gua udh selesai dha,.,.,.
sekali lagi tq uah,.,.,.:))

Anonim 24 Juli 2011 13.14  

makasih yaa^^
ini bisa d buat makalah untuk tugas sejarah,,,

dewi 24 Juli 2011 13.17  

makasih,,,ilmunya
waahh,,ini bisa d pake untuk tugas sejarah,,

abah animasi 8 Agustus 2011 06.01  

Terimakasih, saya lagi butuh buat tugas anak saya. Sepertinya akan lebih kaya lagi kalau dicantumkan referensi sumbernya, tapi tetap ini sudah hebat.

Anonim,  24 Agustus 2011 12.01  

thnk's sblum.a
saya mau mncari contoh sejarah sbgai peristiwa,kisah,ilmu,dan seni..
di sini kok nggk ada ya..
kalau bisa mohon di perlengkap

Anonim,  15 September 2011 19.45  

thanks buat ilmunya ;D

Pencinta Sejarah 9 November 2011 05.18  

Salam sjhtra..
boleh x senaraikan rujukan yang berkaitan utk pos nie, tQ..^_^

ivan verys 1 Desember 2013 06.46  

Thanks ya sob udah share ilmunya .........




bisnistiket.co.id

Beasiswa Pascasarjana

http://www.beasiswapascasarjana.com/2012/03/beasiswa-s2-guru-kepsek-dan-pengawas.html

Kemdikbud

Informasi tentang pendidikan, seputar Beasiswa dan perkembangan pendidikan di Indonesia

Detik.com

Apa Anda Termasuk orang yang cerdas?

Bila anda merasa sebagai bagian orang-orang yang cerdas, apa yang akan anda lakukan dengan kecerdasan anda tersebut?
Apakah akan anda gunakan kecerdasan anda tersebut untuk kebaikan umat manusia, atau hanya untuk anda sendiri atau malah untuk mencelakai manusia lainnya?
Silahkan kirimkan koment anda! Pro ataupun kontra, akan kami tampung sebagaimana kami menghargai kecerdasan sebagai sebuah misteri yang akan selalu ada di dunia ini.

Post Populer

About This Blog

Blog ini dibuat dengan kesengajaan, memang di rekayasa sedemikian rupa dengan tujuan membuat para pembaca tertarik, ikut memberikan sumbangan pemikiran demi kemajuan bersama.
Segala macam isi yang ada dalam tiap halaman blog ini diluar tanggungjawab admin.
Author menerima kritik dan masukan demi perbaikan blog ini.
Selamat berselancar

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP