AUFKLARUNG FOR ALL
Silahkan ketik berita yang anda inginkan di kolom ini.

Selamat Datang di Aufklarung For All "Pencerahan Untuk Semua".

Informasi yang ada dalam blog ini semata-mata sebagai bentuk penyampaian uneg-uneg dan aspirasi. Semoga bisa menambah pengetahuan kita dan memberikan inspirasi kepada siapa pun yang membaca blog ini. Tulisan tidak akan lekang oleh waktu, satu goresan pena akan mampu merubah dunia bila kita menyadarinya. Semoga bermanfaat!

Rabu, 21 Juli 2010

Sosiologi Sebagai Ilmu Perilaku Sosial

Ilmu Sosiologi lahir pada tahun 1842 berkaitan dengan terjadinya perubahan social masyarakat di Eropa Barat (pada masa revolusi industri di Inggris dan revolusi social di Perancis). Perubahan besar itu adalah...
 mulai lahirnya era modern. Menurut Macionis (1997), Era Modern ditandai beberapa gejal social, antara lain:

1. Makin ditinggalkannya pola masyarakat tradisional,
2. Makin luasnya pilihan individu
3. Munculnya pluralitas keyakinan
4. Orientasi hidup ke masa depan, dan
5. Tumbuhnya penghargaan terhadap waktu

Sosiologi pertama kali diperkenalkan oleh seorang filsuf dari Perancis bernama Auguste Comte melalui karya ilmiahnya yang disebut “The Course of Positif Philosophy”. Oleh karena peranannya tersebut Auguste Comte di sebut sebagai Bapak Sosiologi Dunia.

Setengah abad kemudian Herbert Spencer dari Inggris mengembangkan sistematika penelitian masyarakat dalam bukunya “Prinsiple of Sociology”. Setelah itu ilmu sosiologi berkembang cepat ke seluruh Eropa, Amerika dan Asia.

Tokoh-tokoh yang mengembangkan ilmu sosiologi antara lain: John Stuart Mill (Inggris), Karl Marx (jerman), Vilfredo Pareto (Italia), Pitirim A sorokin (Rusia), Max Weber (Jerman), Stenimetz (Belanda), Charles Horton Cooley, Lester F. Ward (AS), dan Emile Durkheim (Prancis).

Di Indonesia, sosiologi sebagai ilmu yang berdiri sendiri baru diperkenalkan pada tahun 1948 oleh Prof. Mr. Soenario Kolopaking sebagai mata kuliah pada akademi Ilmu Politik di Jogtakarta (Sekarang UGM). Kemudian banyak orang Indonesia yang memperdalam ilmu sosiologi di luar negeri dan kemudian mengambangkannya di Indonesia .

Setelah itu lahirnya tokoh-tokoh Sosiologi di Indonesia, yang antara lain: Hasan Sadily dengan buku karangannya Sosiologi untuk Masyarakat Indonesia, Selo Soemardjan dengan buku karangannya yang berjudul Social Changes in Yogyakarta (1962), Setangkai Bunga Sosiologi (1964), Mayor Polak dengan bukunya yang berjudul Pengantar Sosiologi Pengetahuan, Hukum dan Politik (1967), Soerjono Soekanto (Sosiologi Suatu Pengantar), Robert MZ Lawang dan lain-lain .

Dari kesekian tokoh tersebut Selo Soemardjan kemudian disebut sebagai Bapak Sosiologi Indonesia. Alasannya adalah karena tokoh tersebut telah membawa perubahan yang mendasar dalam perkembangan ilmu sosiologi di Indonesia terutama dalam perkembangan Sosiologi Modern. (Wie)



Sumber Bacaan:

Soekanto, Soerjono. 1990. Sosiologi Suatu Pengantar.Jakarta: Rajawali Press

Johnson, Doyle Paul (Diindonesiakan oleh Robert MZ Lawang). 1986. Teori Sosiologi Klasik dan Modern. Jakarta: Gramedia

1 comments:

M.KHOLIL 27 Juli 2010 11.22  

Ternyata ilmu sosiologi itu cukup tua usianya. Terimakasih atas link ke blognya ke saya. Saya sudah link blog anda di blog saya. Terima kasih

Beasiswa Pascasarjana

http://www.beasiswapascasarjana.com/2012/03/beasiswa-s2-guru-kepsek-dan-pengawas.html

Kemdikbud

Informasi tentang pendidikan, seputar Beasiswa dan perkembangan pendidikan di Indonesia

Detik.com

Apa Anda Termasuk orang yang cerdas?

Bila anda merasa sebagai bagian orang-orang yang cerdas, apa yang akan anda lakukan dengan kecerdasan anda tersebut?
Apakah akan anda gunakan kecerdasan anda tersebut untuk kebaikan umat manusia, atau hanya untuk anda sendiri atau malah untuk mencelakai manusia lainnya?
Silahkan kirimkan koment anda! Pro ataupun kontra, akan kami tampung sebagaimana kami menghargai kecerdasan sebagai sebuah misteri yang akan selalu ada di dunia ini.

Post Populer

About This Blog

Blog ini dibuat dengan kesengajaan, memang di rekayasa sedemikian rupa dengan tujuan membuat para pembaca tertarik, ikut memberikan sumbangan pemikiran demi kemajuan bersama.
Segala macam isi yang ada dalam tiap halaman blog ini diluar tanggungjawab admin.
Author menerima kritik dan masukan demi perbaikan blog ini.
Selamat berselancar

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP