SEBELAS HARI DI SINGAPURA, OSIP 2011 SMA KARANGTURI – SRJC SINGAPORE
Sedikit
ingin berbagi pengalaman dengan semua pembaca blog ini, semoga berkenan. Syukur
yang tiada terkira kiranya hanya untuk Allah SWT yang telah memberikan
kesempatan kepada hambanya ini untuk menikmati amanah yang tiada terkira ini. Pada
tanggal 18 – 28 Pebruari 2011 penulis (Wiyanto, S.Pd) dan seorang rekan (Bu Sri Sulistiani) mendapatkan
kepercayaan dari Sekolah kami (SMA Karangturi) untuk mendampingi siswa-siswi
kami dalam acara OVERSEAS
STUDENTS IMMERSION PROGRAMS 2011 KARANGTURI
HIGH SCHOOL – SERANGOON JUNIOR COLLEGE.
Secara umum pelaksanaan
kegiatan OSIP 2011 berjalan dengan lancar. Di mulai dari persiapan
pemberangkatan hingga akhir pelaksanaan. Kegiatan OSIP-2011 di bagi dalam tiga
macam kegiatan yaitu:
1.
Tour
Campus
2.
School
Activity
3.
Wisata
Peserta
pada pelaksanaan OSIP 2011 ini adalah sebanyak 17 siswa dari kelas X dan 2 orang guru pendamping. Adapun data
peserta pada OSIP 2011 sebagai berikut:
No
|
Nama Siswa
|
Kelas
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
17.
|
Avinda Asprilia Dewi
Devina Dea Emanuela
Immanuel Handoko
Lie, Adela Yoan Lydia
Marcella Wongsodiharjo
Vanessa Faradina Sukanta
Yosephine Sanjaya
The, Arief Sugiarto Sentosa
Alfredo Nicholas Effendy
Phillip Ray Prananta
Evan Tantono
Ivan Tadeo Lestyana
Lorraine Sophia Salim
Kwee Alice Joseph
Mauris Stefaniea Gondowijoyo
Sonia Pramono
Wenny
|
XA
XA
XA
XA
XA
XA
XA
XD
XD
XE
XF
XF
XF
XG
XG
XG
XG
|
No
|
Nama Guru Pendamping
|
1.
2.
|
Sri Sulistiani, S.Pd
Wiyanto, S.Pd
|
Berikut ini rangkaian pelaksanaan
kegiatan yang kami jalani selama di SRJC Singapore:
1).
Kunjungan Ke Universitas
Kegiatan
OSIP 2011 dilaksanakan pada tanggal 18 –
28 Pebruari 2011. Dimana pada tanggal 18 semua peserta diberangkatkan langsung
dari sekolah menuju Singapura via bandara Ahmad Yani Semarang – Bandara
Internasional Changi Singapura.
Pada
hari pertama ini, setibanya di Singapura, peserta langsung menuju garden house di
Serangon Garden No. 20A yang sudah dipesan oleh sekolah. Setelah perkenalan
dengan tuan rumah, peserta di bimbing oleh pemandu OSIP 2011 (Ibu Rianny dan
Ibu Ninik) untuk mengenal lingkungan sekitar, khususnya pengenalan pemakaian
sarana transportasi dan lingkungan sekolah yang akan di tuju yaitu Serangoon
Junior College. Setelah semua peserta jelas dan paham akan penjelasan dari Team
Pemandu, semua peserta kembali ke garden house untuk beristirahat.
Pada
tanggal 19 Pebruari 2011, kegiatan pertama adalah kunjungan universitas yaitu
ke MDIS, dilanjutkan kunjungan ke NTU dan ke NUS. Pada kunjungan pertama yaitu
di MDIS, peserta di terima dengan antusias oleh salah satu tenaga marketing
yang sangat ramah dan apresiatif sekali atas kedatangan rombongan siswa dari
SMA Karangturi. Para peserta mendapat penjelasan yang gamblang tentang MDIS,
dimulai dari fasilitas gedung, library, fasilitas komputer dan lain sebagainya.
Setelah
cukup puas melihat kampus MDIS, peserta kemudian melanjutkan ke Nanyang
Technologi University (NTU). Di NTU ini rombongan sudah ditunggu oleh salah
satu alumni dari SMA Karangturi (Stiven Pramono) yang sekarang menempuh
pendidikan di NTU. Dengan sabar dan penuh
antusias alumni tersebut memberikan penjelasan tentang NTU, cara masuk disana,
cara mendapatkan beasiswa dan informasi lainnya yang penting bagi para calon
mahasiswa di sana.
Setelah
puas mendapatkan penjelasan di NTU, rombongan melanjutkan perjalanan ke NUS.
Sama seperti di universitas yang dikunjungi sebelumnya, di NUS ini rombongan
juga di bawa keliling oleh pemandu (perkumpulan mahasiswa NUS dari Indonesia)
untuk melihat kondisi lingkungan dan fasilitas yang ada di NUS.
Setelah
setengah hari melakukan perjalanan dari kampus ke kampus selesai, rombongan
akhirnya melanjutkan perjalanan ke Science Centre yaitu pusat hiburan yang
memberikan wacana keilmuan yang menarik, cerdas dan aktual. Di Lokasi ini para
siswa sangat menikmati berbagai macam anjungan ilmu dan teknologi yang bisa
langsung di pahami dan dipraktekkan.
Setelah
puas bermain-main dan berkeliling di Science Center, rombongan melanjutkan
perjalanan menuju Sentosa Island untuk menikmati makan malam. Setelah selesai
makan malam siswa kembali ke Home stay untuk istirahat dan mempersiapkan diri
melaksanakan tugas di SRJC.
Kunjungan
universitas yang kedua dilaksanakan pada tanggal 26 Pebruari 2011, dengan
tujuan kunjungan adalah Curtin University dan Rafles University. Sama seperti
kunjungan pertama di MDIS, NUS, dan NTU, di kedua universitas ini para siswa
dari SMA Karangturi diterima dengan antusias dan di pandu dari awal hingga
akhir oleh manager pemasaran masing-masing universitas. Para siswa, sangat
antusias dan begitu serius mengikuti kegiatan, utamanya di Rafles University.
Waktu dua jam yang diberikan oleh masing-masing universitas untuk keliling
kampus dan mencari informasi rasanya begitu cepat berakhir dan akhirnya
kunjungan ke universitas selesai, peserta kembali ke Gaarden House untuk
istirahat.
2). Kegiatan
di SRJC
Kegiatan
pertama hari Senin, 21 Pebruari 2011 di Serangoon Junior College diawali dengan
perkenalan dari rombongan siswa-siswi SMA Karangturi yang di pandu oleh Dra.
Ninik Sumiasih dan Dra. Rianny di hadapan Mr. Desmond (Vice Principle SRJC).
Perkenalan diterima dengan baik dan antusias oleh Mr. Desmond selaku wakil dari
SRJC dilanjutkan dengan perkenalan SRJC oleh Mr. Desmond.
Dalam
perkenalan dari pihak sekolah SRJC, dipaparkan tentang program kurikulum yang
dipakai di SRJC, aktivitas umum di sekolah, kegiatan-kegiatan yang telah
dilakukan oleh SRJC di luar sekolah dan prestasi-prestasi yang di dapatkan oleh
SRJC dari berbagai macam perlombaan baik nasional maupun internasional.
Selanjutnya,
selaku wakil dari SRJC sebagai tuan rumah Mr. Desmond kemudian memberikan penjelasan
tentang tata tertib, tugas dan kegiatan-kegiatan yang akan diikuti oleh siswa
OSIP 2011 dari SMA Karangturi. Setelah paham dengan apa yang harus dilakukan
selama di SRJC, siswa-siswi SMA Karangturi dipertemukan dengan siswa-siswi SRJC
yang menjadi Buddy (teman) mereka
saat di SRJC dan juga mempertemukan Guru SMA Karangturi dengan Buddy (Guru).
Setelah
acara ceremonial penerimaan peserta OSIP 2011 di SRJC selesai, siswa-siswi SMA
Karangturi langsung mengikuti kegiatan sekolah yang diikuti oleh Buddy mereka
dimulai dari pelajaran biasa dikelas sampai mengikuti kegiatan CCA
(Co-Curiculer Activity) di sore hari, begitu juga dengan Guru Pendamping yang
juga mengikuti kegiatan guru Buddy di kelas.
Hari
ke-dua, Selasa 22 Pebruari siswa-siswi peserta OSIP 2011 SMA Karangturi
berangkat dari garden house pukul 06.00 pagi dan sesampainya di SRJC mereka
langsung mencari Buddy mereka untuk mengikuti kegiatan Morning Assembly
(kegiatan upacara apel pagi di Sekolah yang di adakan setiap pagi untuk
mengikuti pengibaran bendera Singapura serta Sumpah Janji Setia kepada negara
mereka Singapura). Kegiatan Morning Assembly ini berjalan sangat tertib dan
lancar. Tidak ada satu suara terdengar dari peserta morning Assembly, seluruh
perhatian tertuju kepada Bendera dan lagu yang diperdengarkan dari sumber
suara.
Setelah
kegiatan Morning Assembly selesai, semua siswa SRJC mengikuti kegiatan
perwalian yang dilaksanakan saat itu juga di lapangan. Informasi-informasi yang
penting dari Sekolah di sampaikan oleh wali kelas kepada siswa dengan gaya
kekeluargaan yang menyenangkan.
Setelah
bel sekolah berbunyng dari Sekolah di sampaikan oleh wali kelas kepada siswa
dengan gaya kekeluargaan yang
menyenangkan.
Setelah
bel sekolah berbunyi tanda masuk ke kelas semua siswa membubarkan diri dan
segera menuju ke ruang kelas mereka masing-masing sesuai dengan pelajaran
mereka saat itu (SRJC melakukan Running Class). Tidak ketinggalan siswa-siswi
dari SMA Karangturi peserta OSIP 2011 pun juga segera menyesuaikan diri untuk
mengikuti kegiiatan pembelajaran di dalam kelas sama seperti yang diikuti oleh
buddy mereka yang telah ditunjuk dari sekolah.
Pukul
15.30 sebagian kegiatan sekolah telah usai, peserta OSIP 2011 SMA Karangturi
ada yang mengikuti kegiatan CCA dan dan ada juga yang langsung pulang menuju
garden House untuk istiirahat. Dua orang guru yang bertugas sebagai pendamping
membagi tugas dimana satu guru mengawal siswa yang pulang ke Garden House dan
satu guru lainnya menunggui kegiatan siswa hingga kegiatan CCA selesai.
Hari
ketiga, Rabu 23 Pebruari 2011 kegiatan peserta OSIP 2011 hampir sama dengan
kegiatan sekolah yang diikuti pada satu hari sebelumnya (22 Pebruari 2011)
yakni kegiatan morning Assembly, pembelajaran di kelas dan kegiatan CCA.
Hari
keempat, Kamis 24 Pebruari 2011, kegiatan peserta OSIP 2011 sama dengan
kegiatan pada dua hari berturut-turut sebelumnya yaitu kegiatan pagi mengikuti
Morning Assembly, siang hari mengikuti pembelajaran di dalam kelas dan sore
hari mereka mengikuti kegiatan CCA sesuai dengan kegiatan CCA buddy mereka di
SRJC.
Hari
kelima, Jum’at 25 Pebruari 2011 adalah hari yang berbeda dari hari-hari
sebelumnya, karena pada hari Jum’at kegiatan sekolah dimulai pukul 08.30 pagi.
Aktifitas yang dilakukan oleh warga sekolah sebelumnya adalah olah raga pagi
bersama di Lapangan dan Hall sekolah. Setelah kegiatan olah raga selesai,
kegiatan selanjutnya adalah Morning Assembly, sumpah setia dan perwalian kelas.
Dilanjutkan dengan kegiatan pembelajaran seperti hari-hari biasa.
Pada
hari kelima ini kegiatan OSIP 2011 di SRJC berakhir. Pada pukul 14.00 wakil
kepala sekolah Mr. Desmond mengundang semua peserta OSIP 2011 di hall
perpustakaan SRJC. Dalam kesempatan tersebut Waka SRJC melakukan tanya jawab
kepada siswa-siswi OSIP Karangturi tentang pengalaman yang di dapat dan
keluhan-keluhan dari siswa siswi OSIP. Para siswa OSIP dari SMA Karangturi
dengan suka cita menceritakan semua pengalaman dan kendala yang mereka hadapi
selama lima hari di SRJC. Setelah acara perpisahan selesai, peserta melakukan
photo bersama dengan pimpinan sekolah sebagai kenang-kenangan yang akan di bawa
kembali ke Sekolah.
Setelah kami melaksanakan tugas ada kiranya beberapa Evaluasi dan Masukan yang mungkin bisa dilakukan oleh sekolah untuk pelaksanaan OSIP Selanjutnya yang harapan kami bisa membawa perubahan bagi sekolah SMA Karangturi tercinta.
Kelebihan-kelebihan
dari SRJC:
1).
SRJC adalah salah satu sekolah negeri di Singapura, sehingga segala aktivitas
kegiatan di sekolah senantiasa sesuai dengan kurikulum negara. Kegiatan yang
paling menonjol di SRJC adalah kegiatan pada pagi hari sebelum aktifitas PBM
berlangsung yaitu Morning Assembly, yaitu kegiatan yang diawali dengan
pengibaran bendera Kebangsaan Singapura yang dilanjutkan dengan janji setia
kepada negara Singapura oleh semua warga sekolah. Selanjutnya diadakan
perwalian guru kelas kepada siswa-siswinya. Dalam kegiatan ini, setiap harinya siswa mendapat informasi yang
penting dari sekolah secara langsung oleh guru wali kelas. Tujuan Morning
Asembly ini adalah untuk meningkatkan nasionalisme warga sekolah kepada negara
mereka. Tidak ada satu suara pun yang terdengar manakala bendera Singapura
dikibarkan dan seluruh warga sekolah antusias untuk melakukan janji setia
kepada negara.
2).
Pembelajaran di mulai secara serempak setelah kegiatan Morning Assembly,
sehingga tidak ada peserta didik atau guru yang datang terlambat dalam
mengikuti proses pembelajaran di dalam kelas.
3). SRJC menerapkan konsep kemandirian dalam
berbagai macam aktifitas, dimulai dari pembelajaran dikelas, konseling, dan
semua aktifitas di luar pelajaran.
4). Pembedaan gedung dan ruang belajar antara
siswa tingkat 1 (JC1) dan tingkat 2 (JC2).
5). Pembelajaran di kelas berlangsung 60 menit,
dimana 10 menit pertama digunakan untuk refleksi, 40 menit pembahasan materi
dan 10 menit terakhir untuk mengevaluasi dan pemberian nilai-nilai dari
pelajaran yang di sampaikan. (Bel akhir pelajaran berbunyi 10 menit sebelum
usai pelajaran, sehingga guru bisa menyimpulkan pelajaran dan memberikan tugas kepada
siswa tanpa di buru-buru waktu).
6). Guru masuk kantor sebelum siswa hadir dan
pulang ke rumah setelah jam sekolah berakhir.
7). Ruang kerja guru sangat private, siswa-siswi
SRJC yang ingin menemui guru atau menyerahkan tugas kepada guru disediakan
ruang khusus yang terpisah dari ruang guru, sehingga tidak ada satu siswa pun
yang berseliweran di ruang guru.
8). Ruang kerja dan meja kerja guru cukup besar
tersekat-sekat berdasarkan rumpun mata pelajaran sehingga dapat digunakan untuk
sharing antar sesama guru mata pelajaran setiap saat.
9). SRJC memiliki ruang khusus bagi guru yang
disebut Rest Room yaitu ruangan yang didesain sedemikian rupa seperti sebuah
bar yang diharapkan guru yang tidak memiliki kesibukan dapat bersantai ria
sambil membaca koran atau melihat TV atau seandainya memiliki tamu khusus dapat
ditemui di ruang tersebut.
10).
SRJC memiliki guru-guru tentor yang setiap saat siap apabila dibutuhkan oleh
para siswa dalam kaitannya dalam pelajaran yang mereka anggap tidak bisa.
Tentor ini terdiri dari guru yang tidak mengajar pada kelas yang sama akan
tetapi pada mata pelajaran yang sama.
11).
SRJC memiliki sarana olahraga yang sangat lengkap, dimulai dari lapangan bola
sintetis, lintasan atletik, lapangan basket, hall, arena CCA (Co-Curiculler),
sarana Gym dan Fitnes.
12).
SRJC memiliki ruang Laboratorium Science maupun Sosial yang lengkap yang bersih
dan rapi.
13).
SRJC memiliki budaya Salam, Sapa dan Ramah kepada siapa pun yang mereka temui.
14).
Kelas tidak menggunakan AC hanya kipas angin yang dipasang di atap.
15).
Media pembelajaran yang lengkap (LCD, Book LCD, White Board, Write Komputer)
16).
Dalam pembelajaran yang ditekankan bukan jumlah materi yang dibahas akan tetapi
lebih kepada pemahaman siswa. Satu materi bisa di bahas berulang-ulang sampai
siswa benar-benar paham dengan apa yang diajarkan.
Evaluasi:
1).
Waktu pelaksanaan terlalu singkat sehingga tujuan utama bisa berbahasa Inggris
secara aktif belum dapat terpenuhi.
2).
Peserta seharusnya dapat dipilih dari anak-anak yang memiliki peringkat di
kelas.
Semoga
sharing kami ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya... amin..
0 comments:
Posting Komentar